Beranda LAMPUNG Pesisir barat Bupati Pesibar Resmikan Pemasangan Jaringan PLN Ke Pulau Pisang

Bupati Pesibar Resmikan Pemasangan Jaringan PLN Ke Pulau Pisang

142
0

PESISIR BARAT| Lampung.sumselnews.com- Bupati Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung, DR. Drs. H. Agus Istiqlal, S.H., M.H., meresmikan pemasangan jaringan listrik PT. PLN (Persero) dari Pekon Tembakak ke Kecamatan Pulau Pisang, Pada Jum’at 13/07/2018 Pukul 13.00 WIB di Pekon Tembakak Kecamatan Karya Penggawa.

Hadir dalam acara tersebut, ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Pesisir Barat, Wakil Bupati Pesisir Barat, serta unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan pelaksana dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pesibar, juga Manager Area PT. PLN (Persero) Distribusi lampung Area Kotabumi, serta Camat, Peratin dan ketua LHP se-Kecamatan Karya Penggawa dan Kecamatan Pulau Pisang.

Di sampaikan Agus Istiqlal dalam kesempatan ini, bahwa dalam upaya mendukung program lampung terang 2019, yang telah ditetapkan oleh General Manager PT. PLN (persero) Distribusi Lampung, dan sebagai upaya peningkatan rasio elektrifikasi 100%, khususnya di wilayah Provinsi Lampung.

Selanjutnya, pembangunan 1 (satu) jalur saluran kabel laut 20 KVA bawah laut tegangan menengah dari Pekon Tembakak ke Pulau Pisang milik PT. PLN (Persero) Wilayah lampung sepanjang +/- 2.6 km dan luas penampang 3core x 70 mm2, yaitu dalam rangka mewujudkan penyediaan listrik untuk masyarakat Pulau Pisang.

Kemudian menurut Agus, bahwa
pada prinsipnya tim teknis dirtjen hubungan laut dan instansi terkait yang melaksanakan kegiatan ini mendukung rencana pelaksanaan pembangunan 1 (satu) kabel laut tegangan menengah 20 kv dari Pekon Tebakak ke Pulau Pisang, tidak berada pada alur masuk pelabuhan. Sedangkan kedalaman perairan terhadap rencana jalur kabel berkisar antara 0 s/d 16 meter dengan dasar perairan sebagian besar batu karang sehingga sulit dilaksanakan pemendaman untuk pengamanan kabel.

Oleh karena itu dilakukan pemasangan kulit beton (concrete shell) dan masih ada kemungkinan terjadi hanyut (larat) dan garukan jangkar akibat kapal-kapal yang berlindung di sekitar lokasi jalur kabel akibat cuaca buruk.

“Sehubungan hal ini, maka diperlukan analisa resiko persyaratan penempatan dan pemendaman pembangunan 1 (satu) saluran kabel laut tegangan menengah 20 KVA dari Pekon Tebakak ke Pulau Pisang wajib mengacu kepada ketentuan peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan,” ujar Bupati Pesisir Barat.

“Atas nama pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Pesisir Barat, menyampaikan ucapan terimakasih serta apresiasi yang tinggi kepada PT. PLN (persero) Distribusi Lampung yang telah mewujudkan impian masyarakat Kabupaten Pesisir Barat terutama yang tinggal di kecamatan Pulau Pisang atas dimulainya pembangunan jalur listrik bawah laut dari Tembakak ke Pulau Pisang,” pungkas Agus.(Darmawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here