Beranda Lifestyle Culture Selain Menghibur, Musik Tradisional “Janeng” Juga Lestarikan Budaya Nasional

Selain Menghibur, Musik Tradisional “Janeng” Juga Lestarikan Budaya Nasional

0

Pentas Musik Janeng Ikut Meriahkan dalam Acara “Puputan  di Pekon Panutan


PRINGSEWU –  Kesenian Musik  Religi Budaya Tradisional dengan sebutan “Janeng” ikut memeriahkan kebagiaan keluarga saudara  Dwi bersama istri,  salah satu dari warga Desa/Panutan 4, Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu, atas kelahiran buah hati yang kedua. Rabu malam 25/09/2019.

Untuk diketahui, Janeng merupakan salah satu kesenian budaya berupa musik sederhana dengan menggunakan alat musik tabuhan berupa kenyang dengan vokal musik religius,  yang pada awalnya diciptakan sebagai alat untuk penyebaran agama Islam Indonesia.

Hampir seluruh lagu janeng memiliki struktur lagu yang sederhana yang hanya mengulang-ulang bait lagu tanpa ada bentuk intro dan coda. Tanda memulainya sebuah lagu selalu diawali oleh vokal dalang, dan akhir lagu ditandai dengan pola tabuhan pada kendhang. Pada dasarnya semua lagu janeng  memiliki pola tabuhan yang sama, hanya saja pola tabuhan ini dimainkan dengan tempo yang berbeda-beda pada setiap lagu yang dibawakan.

  Wabup Pringsewu Buka Acara (SPIP)

Pentas Seni Janeng yang digelar dalam acara puputan anak kedua dari pasangan Bapak Dwi /Istri di Dusun 4 Pekon Panutan ini sangat meriah dan menghibur.

Sukedi pimpinan Janeng Rukun Santoso menyampaikan dengan ada janeng ini harapannya bisa memahami kultur  budaya peninggalan leluhur.   “seni budaya ini harus kita jaga dan lestarikan, janeng ini kita manfaatkan sebaik  mungkin dalam momen momen keagamaan, ” ujarnya.

Salah satu tokoh masyarakat setempat  Untung Pribadi juga menyampaikan bahwa Kesenian ini sudah ada lama ada di desanya.

“Kesenian Janeng di Dusun 4 Pekon Panutan sudah ada sejak saya menjabat sebagai kepala pekon 10 tahun yang lalu,” imbuhnya.

Kontributor       : Borneo

Editor                :  Darmawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here